UTU Gelar Pembekalan Pengawasan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022
  • UTU News
  • 16. 05. 2022
  • 0
  • 544

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) sebagai salah satu kampus penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) terus memperkuat koordinasi jelang kegiatan tersebut. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan pembekalan bagi pengawas UTBK.

"Untuk menyukseskan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022, maka panitia melaksanakan pembekalan pengawas atau Sosialisasi Tata Laksana Pengawasan Ujian di Aula lantai II Gedung lama," kata Ketua Panitia Pusat UTBK UTU, Dr. Alfizar, DAA, Jumat (13/5/2022).

Alfizar mengatakan, sebanyak 74 pengawas mengikuti sosialisasi pembekalan pengawas Tata Laksana Pengawasan UTBK SBMPTN Tahun 2022. Adapun sebanyak 1.870 calon mahasiswa akan mengikuti seleksi yang terbagi dalam 26 sesi dalam kurun waktu 17-23 Mei 2022.

Menurut Alfizar, sosialisasi ini bertujuan agar para pengawas mengetahui tugas pokok dan fungsinya, sehingga pada hari H tidak ada lagi hal-hal yang tidak dipahami.

Sementara itu, dihubungi terpisah Rektor UTU, Prof Dr Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengatakan, para pengawas harus memiliki rasa tanggung jawab dengan menjalankan tugas sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Meskipun kegiatan ini bukan lagi tugas baru, tetapi selalu dijalani setiap tahun. Namun, diharapkan tidak membuat lengah, sehingga dapat terjadi kesalahan yang akan membuat kegaduhan dalam pelaksanaan UTBK," katanya.

Prof Jasman mengharapkan semua dosen dan tendik yang terlibat dalam pengawasan itu, apapun tugasnya, hendaknya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk melakukannya.

"Jangan hanya datang dan duduk saja, tetapi selalu mengontrol dan mengawasi jalannya ujian," ujarnya.

Prof Jasman juga mengingatkan, jika terdapat masalah yang ditemukan di lapangan, hendaknya tidak setiap orang atau dosen untuk memberikan keterangan ke pihak luar. Menurutnya, informasi dan keterangan harus melalui mekanisme dan jalur yang satu sehingga informasinya akurat.

Selain itu, juga diharapkan agar para pengawas betul-betul melaksanakan tugas secermat mungkin agar pelaksanaan UTBK di UTU berjalan dengan sukses. Pungkasnya.

Adapun pembekalan pengawas diisi oleh beberapa narasumber sesuai dengan bidangnya yaitu Husni Mubarak, SH; Herri Darsan, ST., MT dan Yoga Nugroho, SP., MP. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :