Tahun Baru Fakultas Ekonomi Tandatangani Kerjasama Baru
  • Fakultas Ekonomi
  • 06. 01. 2022
  • 0
  • 1905

Upaya percepatan pembangunan manusia terus dilakukan melalui percepatan pembangunan yang berorientasi pada rencana strategis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini tidak hanya berorientasi pada output semata, akan tetapi berupa adanya outcome seperti peningkatan kemampuan rumah tangga masyarakat, khususnya dibidang ekonomi dan sosial. Selanjutnya, dalam jangka panjang diharapkan dapat menjadi jalan dalam pengembangan wawasan dalam mendukung keilmuan bagi mahasiswa yang kelak akan berkreativitas yang menghasilkan produktivitas pada bidangnya masing-masing. Mankiw sebagai salah satu ekonomi macroekonomi menjelaskan bahwa, produktivitas seseorang dapat didukung/dipengaruhi oleh sumberdaya manusia, teknologi, skill, dan modal. Dengan hal tersebut dapat mendukung tinggi rendahnya produktivitas seseorang yang secara berlanjut terhitung dalam Produk Domestik Bruto (PDB) dan juga Produk Domestik Bruto (PDRB) di tingkat daerah.

Dalam pelaksanaan pembangunan, pun diperlukan pelbagai kebijakan sebagai dasar apa yang harus dilakukan dan diperlukan intelijensia dan dukungan teknis pula. Seperti halnya sebuah negara yang didalamnya ada rencana dan tujuan dan untuk mencapai tujuan diperlukan kelembagaan, baik di tingkat nasional, daerah (Satuan Kerja Perangkat Daerah) hingga tingkat kabupaten (Satuan Kerja Perangkat Kabupaten), hal ini tidak lain dilakukan tuk pelaksanaan urusan pemerintah yang bersifat konkuren (azas daerah otonom) sebagai implementasi desentralisasi.

Pembangunan terus didengungkan, seperti banyak fenomena yang kita lihat di media masa, baik fisik maupun ekonomi, hal tersebut disikapi oleh Fakultas Ekonomi, yang melihat bahwa kemajuan suatu daerah bisa dimulai dari kampus melalui pendidikan tinggi, ditambah dengan era data warehouse bagian Revolusi Industri 4.0. Seperti yang disajikan oleh Noam Choamsky melalui buku Homodeus yang menceritakan Man vs Machine.  

Selanjutnya, produktivitas itu hadir dipengaruhi oleh utilitas, dalam prakteknya pelaku pasar akan menciptakan Deman dan direspon dengan Supply oleh produsen.

Hal dan fenomena di atas disakpi oleh Fakultas Ekonomi dengan upaya pengembangan skill guna mendorong produktivitas dan respon utilitas jangka panjang, sehingga melakukan kerjasama dengan UPTD XII  Badan Pengelola Keuangan Aceh, Wilayah Aceh Barat, Inspektorat Aceh Barat, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Aceh Barat lakukan penandatanganan kerjasama (6/1/2022). hal ini diperuntukkan agar meningkatkan kwalitas pendidikan tinggi di Universitas Teuku Umar salah satunya lewat pengiriman mahasiswa dan distribusi informasi.

Lainnya :