Silaturahmi Mahasiswa Ekonomi ( SIM-E) tahun 2021
  • Fakultas Ekonomi
  • 03. 11. 2021
  • 0
  • 727

ORMAWA Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar menggelar acara Silaturahmi Mahasiswa Ekonomi (SIM-E) Acara yang dilaksanakan pada Jum’at (22/24 Oktober 2021) bertempat di Lapangan Stadion bola kaki UTD Aceh Barat Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan inisiatif ORMAWA Fakultas ekonomi UTU, di mana terdapat beberapa acara, seperti latihan kepemimpinan, kewirausahaan, kamtibmas, sejarah pergerakan mahasiswa, public speaking dan KMO. Tujuan dengan adanya kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antar jurusan yang berada di FE UTU. Dengan melibatkan mahasiswa baru (maba), diharapkan dapat menanamkan rasa kekeluargaan di Fakultas Ekonomi.

Ketua pelaksana dalam kegiatan ini, Dede Rahmat M mengatakan, acara “SIM-E” ini merupakan acara yang diperuntukkan dari Ormawa untuk maba Fakultas Ekonomi UTU Ia menjelaskan tentang dimana kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama dengan melibatkan 200 mahasiswa FE UTU. Yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu desa di Meureubo. Acara ini merupakan kegiatan yang akan rutin diadakan setiap tahunnya oleh Ormawa FE , tetapi dikemas sesuai dengan keinginan Ormawa FE dan kreativitas yang dimiliki Ormawa” tuturnya. Dede  merasakan kesuliatan yang dihadapi dalam melaksanakan acara ini, yaitu kesulitan mengatur maba dengan jumlah yang cukup banyak, terlebih dengan jurusan yang berbeda, dengan sifat yang berbeda. “Dalam sebuah kepanitian pasti terdapat beberapa panitia yang apatis ataupun tidak membantu dalam acara ini. Tetapi bagaimanapun kita tetap harus bersatu dalam menghadapi setiap. Masalah yang ada,” ujarnya.

Dede melanjutkan, dengan ditunjuknya ia sebagai ketua, Dede merasakan mendapat keuntungan, salah satunya ialah dapat mengenal karakter dari dari setiap orang yang berbeda-beda. Keuntungan selanjutnya ialah mengerti bagaimana cara berorganisasi dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama, terlebih lagi dalam melaksanakan acara ini mendapat bantuan oleh pembina acara dari BEM dan HMJ . “Terkait jumlah maba yang terlibat dalam kegiatan ini sejak awal sampai acara penutupan, ada 200 mahasiswa,” ungkapnya. Dede berharap setelah selesai kegiatan ini, maba FE dapat lebih membaur satu sama lain dan saling mempererat silaturahmi tanpa memandang perbedaan jurusan yang ada.

Salah satu peserta dari jurusan Akuntansi Andi Assydiqi menuturkan, dampak yang dirasakan dengan dirinya selama mengikuti kegiatan ini adalah dapat mengenal dengan teman-teman dari jurusan lain yang berada di Fakultas Ekonomi. Dan dia juga mengatakan dari kegiatan ini mengajarkan mahasiswa menjadi lebih mandiri. Andi mengaku bersyukur dengan mengikuti kegiatan ini. “Selain itu yang didapatkan bagaimana menjadi mahasiswa yang memiliki jati diri dan karakter yang baik. Karena menurut saya itu hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada mahasiswa baru. Peran dari maba, tak lepas juga peran dari BEM dan HMJ yang telah menjadi pembimbing untuk kesuksesan kegiatan ini,” jelasnya. Andi mengucapkan rasa terima kasih kepada para panitia dan senior-senior yang telah membuat kegiatan ini dan membimbing adik-adiknya untuk menjadi mahasiswa yang memiliki karakter baik, Andi juga menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini terus berjalan kedepannya untuk menjadi bekal pembentukan karakter mahasiswa baru tuturnya.

Kemudian Arif Munandar. ZA selaku ketua BEM berpesan kepada seluruh maba FE UTU, Ada empat poin yg sampikan kepada adik-adik :

1.tali silaturahmi kalian jangan putus sampai di acara ini saja

2.di kampus biasanya ada student goverment, banyak partai2 kampus yang saling bersaing untuk mengisi BEM atau organisasi lain. kalian biasanya diajak untuk bergabung dengan caranya masing2, so kalian harus berpikir matang untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk

di sini saya gak nyaranin untuk gak masuk kepartaian atau keorganisasian, karena itu pilihan kalian, tapi ambillah yang baik2nya saja dan yang penting jangan ngeganggu awal tujuan kalian masuk kuliah yaitu mencari ilmu lebih dalam, jangan ikuti komunitas2 yang tidak menambah ilmu apalagi sampai mengganggu aktivitas perkuliahan.

3.belajarlah dari pengalaman kakak kelas, sering tanya2 sama kakak kelas tentang mata kuliah, dosen dan lain2nya,

4. jangan terlalu malu atau polos dngan kakak kelas karena kalian mahasiswa baru. malu dan polos malah bisa jadi dijadikan sebagai kelemahan kalian yang dimanfaatkan diajak sesuatu yang gak bergu

Lainnya :