Pusat PKM UTU Gelar Sosialisasi Program Peningkatan Kapasitas Ormawa Tahun 2022
  • UTU News
  • 06. 04. 2022
  • 0
  • 1940

MEULABOH - UTU | Dalam rangka mengembangkan soft skills dan meningkatan kapasitas organisasi kemahasiswaan, serta menerapkan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka dengan menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi dalam masyarakat. Pusat PKM Universitas Teuku Umar menyelenggarakan Sosialisasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) pada hari Selasa (5/4/2022).

Penyelenggaraan sosialisasi ini merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter dan kemampuan dalam bekerja sama (team work).

Kegiatan ini berlangsung di Aula utama Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, yang dihadiri oleh Rektor, wakil rektor I, dekan dan wakil dekan, pembina ormawa beserta pengurusnya di masing-masing fakultas.

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya menjelaskan dengan terselenggarakannya kegiatan nyata di masyarakat, kapasitas dan kemampuan organisasi kemahasiswaan diharapkan akan lebih bermakna sebagai wadah mahasiswa mengembangkan soft skills.

Prof Jasman berharap agar Ormawa lingkup UTU dapat berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakat, karena hal itu sesuai dengan semangat implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sementara itu Koordinator Pusat PKM UTU, Yarmaliza, SKM., M.Si kepada Humas UTU menjelaskan kegiatan sosialisasi kegiatan PPK Ormawa bertujuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas ormawa agar mampu menjadi organisasi kemahasiswaan yang kompeten, modern, berkarakter Pancasila dan cinta tanah air melalui bela Negara dan menjadi inisiator pembangunan.

Dalam kegiatan sosialisasi Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan menghadirkan nara sumber dari Belmawa pusat yaitu Dr. Ujang Suwarna, M.Sc.F yang juga dosen IPB University sekaligus tim Ditbelmawa pusat.

Dr. Ujang menjelaskan topik PPK Ormawa terdiri atas empatbelas bidang yang bisa diikuti oleh organisasi kemahasiswaan Universitas Teuku Umar. Keempatbelas bidang meliputi: Sociopreneur, Pertanian Masa Depan, Sekolah Perempuan, Desa/Kelurahan Digital, Sanggar Tani Muda, Konservasi Tanaman Obat, Rumah Sampah Digital, Desa/Kelurahan Sehat, Desa/Kelurahan Cerdas, Rumah Inovasi, Kampung Iklim, Desa/Kelurahan Maritim, Desa/Kelurahan Hutan, dan Aktivitas lain pilihan Ormawa. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :