Perpustakaan UTU terima Kunjungan Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Perpustakaan
  • 17. 06. 2022
  • 0
  • 1304
  • Berita

UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar menerima kunjungan dari Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi dan penjajakan kerjasama antar kedua lembaga kedepannya.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar Meulaboh Rahmiyul,S.IP menyambut kedatangan rombongan Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN AR-Raniry Banda Aceh. ” kami sangat senang dan bangga dapat dikunjungi oleh rekan-rekan dan guru-guru, dosen, serta KA. Prodi Ilmu Perpustakaan serta para dekanan Fakultas Adab dan Humaniora UIN AR-Raniry Banda Aceh, kami berharap ke depannya dapat terus bersinergi untuk pengembangan perpustakaan Universitas Teuku Umar ”, ungkap Rahmiyul.

Perpustakaan Universitas Teuku Umar Sekarang sudah memiliki lebih kurang 15 ribu judul buku dan memiliki lebih dari 40 ribu eksamplar buku cetak. dan memiliki lebih dari seribu judul buku elektronik yang bisa di akses dan dibaca langsung oleh mahasiswa dan sivitas academka UTU via Smartphone. Dalam manajemen pelaksanaan kegiatan pinjam-meminjam koleksi cetak perpustakaan Universitas Teuku Umar sudah menggunakan system computer atau menggunakan aplikasi SLiMS bulian 9.4.2.

Perpustakan UTU juga memiliki Repository yang digunakan untuk publikasi skripsi dan karya ilmiah para mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Teuku Umar.

Rahmiyul, S.IP selaku Kepala UPT Perpustakaan Universitas Teuku Umar terus berkomitmen dalam upaya memajukan Perpustakaan UTU sebagai Source Of knowledge bagi pemustaka, Khususnya Mahasiswa dan Sivitas Akademika Universitas Teuku Umar. Kedepannya ia juga akan meingkatkan pelayanan perpustakaan berbasis user friendly, atau meningkatkan layanan virtual dan service center online, pengguna jika butuh bimbingan dalam penelusuran informasi serta keperluan administrasi bisa menanyakan langsung via layanan Online dengan Petugas perpustakaan. ia berharap para Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry juga dapat berkolaborasi dalam upaya pengembangan perpustakaan Universitas Teuku Umar. disamping itu ia berharap, para pimpinan Universitas Teuku Umar terus mendukung dalam pengembangan perpustakaan kedepannya.

Dalam kunjungannya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Banda Aceh, selaku Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan mengucapkan terimakasih sudah disambut baik atas kunjungan tersebut.“kami berharap dapat bersinergi dalam pengembangan SDM dan Perpustakaan di kampus untuk kemajuan perpustakaan itu sendiri”, ucap nurhayati (16/06/2022)

Disamping itu, Syaifuddin A Rasyid selaku dosen Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengatakan , perpustakaan yang berkembang adalah perpustakaan yang mau mengikuti pola perkembangan teknologi informasi, promosi-promosi perpustakaan juga harus maksimal dilakukan supaya pengguna tau apa saja layanan dan koleksi yang ada di perpustakaan.

Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh DR. Nazaruddin Musa juga ikut hadir dalam kunjungan tersebut, Nazaruddin dalam kesempatan tersebut mengatakan” Fokus perpustakaan Perguruan tinggi tidak hanya dibidang koleksi cetak saja, akan tetapi perpustakaan harus mampu mengelola arsip-arsip kampus atau karya-karya tulis mahasiswa dan civitas akademika ke dalam repository kampus, pengelolaan repository sebagai media publikasi karya para mahasiswa dan dosen menjadi sangat penting di zaman sekarang ini, karena bisa di akses oleh jutaan orang didunia maya dan dapat dijadikan sumber informasi yang kompeten dan terpercaya”.

 

 Pemberian Cindera Mata Kepada Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

 Disela-sela kunjungan, Kepala Perpustakaan Universitas Teuku Umar dan Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga saling memberikan Cinderamata.

Lainnya :