PENGABDIAN MASYARAKAT GAMPONG PULO BALE ORMAWA FAKULTAS EKONOMI-UTU
  • Fakultas Ekonomi
  • 11. 11. 2021
  • 0
  • 425

ORMAWA Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat ke Desa Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil pada Hari (Sabtu-Rabu 30 Oktober-03 November 2021). Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan bagaimana mengembangkan potensi yang ada di pulau Banyak khususnya Pulau Balai. Potensi yang ada di Pulau tersebut di antaranya ialah potensi wisata alam dan budidaya ikan.

Potensi ini sebenarnya sudah di lirik oleh pasar lokal, nasional, maupun internasional ujar Sudirman selaku Kepala Desa Pulau  Balai, namun yang menjadi kendalanya ialah mekanisme pemasarannya ke mancanegara karena yang ditakutkan ada oknum yang mengambil keuntungan dan tidak amanah dalam pemasaran tersebut ujar Sudirman (Geuchik Pulau Balai).Arif Munandar selaku Ketua Pelaksana langsung mengajak rekan-rekannya dari ORMAWA-FE UTU untuk menanggapi  pernyataan dari Kepala Desa Pulau Balai tersebut terkait kendala dn hal yg di takutkan terkait oknum yg bisa merugikan masyarakat dalam pemasaran potensi Pulau Balai tersebut.

Arif mengatakan "kami akan membimbing masyarakat terkait pengembangan potensi tersebut semampu kami baik potensi wisata alamnya maupun budidaya ikannya. Dari bagaimana melakukan pemasaran, Pembukuan, dan juga pengembangan potensi desa untuk lebih baik lagi kedepannya".

Dalam pengabdian tersebut Arif selaku ketua Pelaksana langsung membagi tim untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat menjadi 2 Tim.

Tim pertama ialah Potensi Budidaya ikan (keramba) dan tim kedua ialah pembukuan terkait potensi wisata alam/BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

Tim pertama sendiri, itu langsung  pimpin oleh Ketua HIMEP Putra Maidiansyah dan Ketua HIMMA Romaidar dan beberapa rekan lainnya.

Kemudian tim kedua ini di pimpin langsung oleh Ketua HIMAKSI Fajar Sidik Harahap. Kedua tim ini langsung bergerak ke ketempat yg sudah ditentukan dan disampaikan oleh Sudirman (Geuchik Pulau Balai).

 

Sudirman Selaku Geuchik pulau balai , mengatakan sangat berterimakasih kepada mahasiswa UTU yang mau turun langsung melihat kondisi desa pulau balai

 

“Saya mewakili warga desa pulau balai  mengucapkan ribuan terimakasih kepada mahasiswa UTU yang mau datang kemari dan melihat kondisi kami saat ini semoga dengan ada nya pengabdian ini bisa membuka menset masyarakat luar supaya bisa berwisata disini tanpa berfikir yang aneh- aneh dan dengan adanya pengabdian dari ORMAWA FE UTU ini dapat bermanfaat bagi kami”, ujar Sudirman

Lainnya :