Membanggakan, Mahasiswa UTU Lolos Seleksi PILMAPRES ke Tingkat Nasional
  • UTU News
  • 09. 08. 2022
  • 0
  • 751

MEULABOH - UTU | Sebuah berita membahagiakan dan membanggakan kembali diperoleh Universitas Teuku Umar yaitu dengan berhasilnya salah seorang mahasiswa UTU lolos seleksi tingkat wilayah dan berhak mewakili Aceh ke tingkat Nasional pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) untuk katagori Sarjana.

Mahasiswa yang meraih prestasi tersebut adalah Lilis Sartika dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik. Sebelumnya pada Juni 2022 lalu, Lilis baru saja menyabet the best speaker mengalahkan puluhan peserta dari perguruan tinggi lainnya di Aceh di ajang debat Bahasa Inggris atau "National University Debating Championship (NUDC)" serta berhak mewakili aceh ke ajang nasional.

Selain dari UTU, 2 mahasiswa lainnya yang mewakili Aceh ketingkat Nasional adalah All Hafiq dari Universitas Syiah Kuala dan Dina Isnaini dari Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU, Safrida, M.AP yang juga pembimbing Lilis Sartika kepada UTU News mengatakan ini tentu saja akan menjadi catatan sejarah serta membanggakan bagi Lilis Sartika dan tentunya seluruh civitas akademika Universitas Teuku Umar bahwa ada seorang mahasiswa kita yang berhasil menembus persaingan yang sangat ketat dengan begitu banyak peserta dari seluruh Universitas yang ada di LLDIKTI XIII Aceh.

Proses untuk lolos seleksi di tingkat wilayah Aceh Pilmapres ini dilalui oleh Lilis Sartika tentulah dengan tidak mudah. Diawali dengan tahapan seleksi yang sangat ketat di tingkat Fakultas, kemudian bersaing ditingkat Univesitas hingga kemudian bersaing di tingkat wilayah.

"Berbagai usaha dan persiapan dilakukan oleh Lilis Sartika, dibantu dari bagian kemahasiswaan UTU tentunya untuk dapat terus menembus tahapan yang lebih tinggi yang pada akhirnya nanti dapat mengharumkan nama Universitas Teuku Umar di tingkat nasional," katanya

Kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi ini sendiri merupakan sebuah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbudristek dengan tujuan menghasilkan talenta mahasiswa terbaik putra putri Indonesia baik secara akademik dan non akademik

Sementara itu Wakil Rektor III UTU, Dr. Mursyidin, MA mengapresi keberhasilan yang diraih Lilis Sartika di ajang Pemilihan Mahasiswa Prestasi ditingkat wilayah sembari berharap bisa sukses di tahapan berikutnya.

Prestasi yang diraih mahasiswa UTU itu sangat membanggakan karena membawa nama harum universitas sekaligus bisa ikut mewakili Aceh ke peringkat Nasional.

"UTU juga merasa bersyukur karena capaian prestasi yang diraih mahasiswa menunjukkan latihan dan upaya sungguh-sungguh yang dilakukan selama ini bisa menghasilkan prestasi sekaligus menunjukkan kualitas pendidikan yang mampu bersaing dengan kampus lain," katanya.

UTU sendiri lanjutnya, selalu mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek, tak terkecuali untuk Pilmapres 2022. 

Apa yang dicapai dan dilakukan oleh Lilis Sartika ini harus menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain di UTU bahwa tetap terbuka peluang untuk bersaing bagi siapa pun yang mau dan tentunya harus mempersiapkan diri dengan baik.

Pada akhirnya kita semua berharap, agar Lilis Sartika dapat mencapai prestasi yang membanggakan di tahapan berikutnya nanti yang pada nantinya akan memberikan kebanggaan secara pribadi, untuk keluarga dan pada tentunya akan sangat berdampak pada  meningkatnya nilai kinerja Universitas Teuku Umar. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :