Dirjen Dikti Luncurkan Program Riset Keilmuan Bagi Insan Perguruan Tinggi
  • UTU News
  • 04. 08. 2021
  • 0
  • 663

MEULABOH, UTU - Prof. Dr. Nizam (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) meluncurkan (launching) ‘Program Riset Keilmuan’ bagi insan perguruan tinggi. Peluncuran yang berlangsung secara virtual, Selasa, 3 Agustus 2021 itu, diikuti para dosen Perguruan Tinggi Negeri dan swasta, juga insan Dikti

Ketua penyelenggara kegiatan, Safwan menyampaikan, kegiatan yang merupakan program kemitraan ini dilakukan Ditjen Dikti bekerja sama dengan LPDP adalah untuk mengoptimalisasi pemanfaatan dana hasil investasi yg dikelola oleh LPDP khususnya dana abadi pendidikan. Dana abadi pendidikan dimaksud tidak hanya untuk beasiswa tetapi juga digunakan untuk peningkatan kompetensi dan riset-riset keilmuan. Kompetensi dan riset keilmuan ini sebagai bentuk kegiatan kampus merdeka belajar yang dilakukan oleh para dosen, sehingga diharapkan bisa menambah kualitas publikasi bagi dosen di perguruan tinggi.

Prof. Nizam mengatakan, kampus merdeka harus menjadi bagian riset. “Perkuatkanlah perkembangan riset di perguruan tinggi. Saya sangat berharap perguruan tinggi sebagai kemaslahatan yang sangat luas bagi masyarakat dapat memajukan ekonomi dan industri berbasis inovasi  dan Inovasi itu tulang punggungnya adalah perguruan tinggi”, ujar Prof. Nizam saat meluncurkan program riset keilmuan.

“Saya menekankan, ke depan orientasi riset yang sesungguhnya itu sebagai bagian dari outputnya sangat penting  dilakukan oleh mahasiswa program doktor.  Mereka bisa bekerja 24 jam dalam melakukan riset. Ini harus menjadi bagian dari output penelitian ke depan”, Prof. Nizam menenkan.

Untuk itu, kata Prof. Nizam, kemitraan dengan berbagai pihak sangat penting dan perlu akselerasi, dorongan dan orientasi pada kebutuhan hilir yang menjadi penekanan. Riset murnipun perlu ada kemitraannya, perlu ada tujuannya yang jelas.  “Banyak lembaga riset internasinoal yang harus menjadi mitra kita. Kemitraan itu perlu kita bangun bersama dan kita lebih terbuka dalam komunitas internasional. Saya sampaikan apresiasi kepada LPDP dan seluruh insan perguruan tinggi yang berpartisipasi mengikuti kegiatan ini.”

Dalam kesempatan itu, Prof. Nizam juga mengundang seluruh teman-teman untuk melakukan riset-riset terapan yang bisa mengatasi segala masalah selama pandemi ini sekaligus memperkuat bersama-sama dalam mengatasi pandemi. “Saya harapkan kepada teman-teman di perguruan tinggi, lakukanlah sesuatu yang berguna bagi masyarakat”, harap Prof. Nizam diakhir pengantarnya.(***)

 

 

 

Lainnya :