• Fakultas Ekonomi
  • 13. 05. 2019
  • 63

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya mengucapkan selamat datang di Kampus Fakultas Ekonomi UniversitasTeuku Umar (FE UTU). Sungguh menjadi sebuah kebanggaan bagi kamisemua untuk bisa turut berkontribusi dalam bidang akademik demi kemajuan sumber daya manusia bangsa Indonesia. Dalam sejarah perjalanannya, FE UTU dibentuk bersamaan dengan lahirnya Universitas Teuku Umar pada melalui SK Menteri Pendidikan nasional No.262/D/0/2006 pada tanggal 10 November 2006. Pada awal terbentuknya FE UTU, hanya ada satu program studi yang ditawarkan yaitu Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan. Kemudian Seiring dengan perubahan status Universitas Teuku Umar dari swasta menjadi universitas negeri dan juga semangat untuk terus memberikankualitas pendidikan yang lebih baik, maka pada tahun 2016 kembali dikembangkan 2 program studi baru yaitu Program Studi S1 Manajemen dan Program Studi S1 Akuntansi.


Dalam perkembangannya, FE UTU terus berkembang dan berbenah. Jumlah peminat pun semakin meningkat yang dibuktikan dengan semakin banyaknya mahasiswa yang mendaftar di FE UTU. Menyadari hal ini, FE UTU berupaya untuk terus meningkatkan kualitas tenaga pendidik (dosen), tenaga kependidikan, mahasiswa dan juga alumni. Hal ini dilakukan antara lain dengan cara mengirimkan dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang doktoral, partisipasi dalam setiap pelatihan ataupun workshop pendidikan, mendorong mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan internal maupun eksternal kampus, maupun dengan terus melakukan monitoring dan bimbingan bagi alumni yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.


Selain pembenahan di bidang internal, FE UTU juga terus meningkatkan kontribusi aktif bagi masyarakat sekitar dengan melakukan program pengabdian kepada masyarakat, baik dalam bentuk sosialisasi maupun pelatihan langsung. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya guna. Dalam cita-citanya menjadi salah satu “leading university”, FE UTU juga turut aktif dalam berbagai kegiatan berskala nasional dengan melakukan kerjasama dengan berbagai universitas dalam negeri lainnya. Akhir kata, kami menyadari masih banyak hal yang perlu dibenahi, tetapi dengan semangat yang tinggi dan dengan Rahmat Allah yang maha kuasa, kita akan bersama-sama mewujudkan semua cita-cita demi kemajuanpendidikan Indonesia. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Dekan Fakultas Ekonomi
Universitas Teuku Umar